KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2 Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3 Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
4.1.1 Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
- Peserta Didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan
- Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
- Peserta Didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
Materi Pembalajran
PENYELIDIKAN IPA
Perhatikan gambar berikut.
- Apa yang dapat kamu amati dari gambar-gambar tersebut?
- Gambar tersebut merupakan bagian dari objek IPA yang dipelajari dengan cermat dan teliti.
0 comments:
Post a Comment